Connect with us

Budaya

Besanan Di Festival Kampoeng Cinangka Jilid III.

Published

on

deblitznews.com|Cinangka.

Festival kampung Cinangka mendapat apresiasi yang cukup tinggi , baik dari kalangan masyarakat Cinangka atau pemerintah kota, kegiatan yang dilaksanakan setiap Saban tahun ini sekaligus merayakan hari jadi kota Depok ,tahun ini kota Depok berusia ke 20 yang jatuh pada tanggal 27 April 2019.

“Pestival kampung Cinangka mendapat apresiasi yang cukup tinggi, dengan menampilkan seni dan budaya secara berkualitas sehingga saya secara pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah sehingga acara ini di jadikan festival tingkat kota,”jelas camat Zaenudin saat berada di ruang kerjanya.

Berbagai ornamen dan pernak pernik tempo dulu akan di pamerkan di acara festival kampung Cinangka jilid 3.

Disisi yang berbeda, Herman Firdaus, LPM kelurahan Cinangka, sekaligus ketua panitia menjelaskan, dalam segi Persiapan saat ini, sedang dilakukan pemasangan tenda dan ornamen ornamen serta pernak pernik jaman dulu.

Festival tahun ini konsepnya bebesanan, dan juga dibuat dandang setinggi 2 meter, sedangkan untuk tahun sebelumnya, festival kampung Cinangka dibuatkan kaleng kerupuk.

Lurah Cinangka, Rizal Farhan saat berada di lokasi festival Kampoeng Cinangka.

“Ada yang berbeda di tahun ini akan ditampilkannya teknologi mesin pembakar sampah tanpa asap, produk ini hasil karya dari bocah Cianangka,”jelas Herman kepada deblitznews.com pada Kamis (25/4).

Festival kampung cinangka yang bakal di gelar selama 2 hari, yang bertempat di lapangan Koni Jl. Pendidikan RT 05 RW 03 kampung Bulak, Cinangka, Sawangan Depok.

Untuk acara di malam Minggu akan menampilkan musik dan lagu Betawi dan di hari Minggu jalan santai, pameran produk unggulan kecamatan dan UMKM , lomba Numbuk Uli, Nganyam Ketupat, Lomba Nyelepet, Lomba Mewarnai anak. TK dan Paud , story’ telling dengan Bunda Hj. Elly Farida, deklarasi kelurahan ramah anak dan penampilan lenong Bocah Cinangka, malam Seninnya festival Kampoeng Cinangka Tempo Doeloe jilid 3.(nez).

Advertisement
Comments

Budaya

Tradisi, IRAISTA Pondok Petir Gelar Pawai Obor Serta Bhaksos

Published

on

Deblitznews.com|Pondok Petir.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah 2019, Pemuda yang tergabung di IRAISTA selalu gelar acara tradisi Pawai obor, bersama warga RW 01 Pondok Petir, kelurahan Pondok Petir, kecamatan Bojongsari, Depok.

Selain pawai obor pemuda yang tergabung juga melaksanakan baksos sembako dhuafa se-rw 01 sebanyak 78 paket yang nantinya langsung di berikan saat acara berlangsung.

“Kami selaku panitia acara mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat serta pemuda yang tergabung di IRAISTA RW 01 Pontir, yang telah mensukseskan acara baksos, pawai obor yang selalu dilaksanakan Saban tahunnya menjelang bulan puasa,”beber Adi Deswandi kepada deblitznews.com pada Sabtu (4/5).

Pemuda IRAISTA saat gelar Pawai Obor dan Bhaksos Sembako

Dikatakannya, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, juga tidak terlepas dari dukungan dan kepedulian masyarakat, terutama, sebagai penggerak kegiatan pemuda Karang Taruna (Katar) IRAISTA Pondok Petir, ketua DKM MJNY, Pengurus RW 01 serta yang sudah membantu berjalannya kegiatan ini.

“antusias warga RW.01 yang antusias dalam kegiatan tradisi pawai obor sambut bulan Ramadhan, semoga amal kebaikan semua dibalas oleh Allah SWT, selain itu terimakasih kepada sodara Hidayat selaku kreatif serta Ade Agus koordinator Baksos sehingga semua acara terkonsep dengan baik,”tambahnya.(nez).

Continue Reading

Budaya

SMPN 10 Bedahan Rayakan Hari Batik

Published

on

Siwa SMPN 10 Bedahan, saat rayakan hari batik.

deblitznews|Sawangan.

Dalam rangka menyambut hari batik, siswa SMPN 10 Bedahan, terlihat begitu antusias untuk merayakannya, walupun tidak ada kegiatan fashion show di sekolah, namun siswa siswi yang memakai batik begitu percaya diri.

Batik yang dipakai pelajar ini adalah upaya sekolah untuk mengangkat kembali batik sebagai warisan kebudayaan bangsa yang tetap harus di budayakan.

Hariyanto Hadi selaku guru kesiswaan SMPN 10 menjelaskan, bahwa mengingat batik adalah warisan kebudayaan bangsa yang sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya asli dari Indonesia.

“hari ini dalam rangka hari batik, bertujuan agar siswa merasa memiliki bahwa ini adalah budaya kita, kalau bukan kita siapa lagi yang mempertahankan dan membudayakan batik,” tutur Hariyanto.

Kepala Dinas Pendidikan kota Depok sebelumnya sudah menghimbau kepada seluruh sekolah untuk menggunakan batik, sambung Hari kepada deblitznews.com, pada Selasa (2/10) di ruang kerjanya.(db/di)

Continue Reading

Budaya

Pawai Ta’aruf Peringatan MTQ 2018 Mengundang Perhatian Warga Rumpin

Published

on

Peserta Pawai Ta'aruf saat pembukaan acara MTQ 2018 tingkat kecamatan Rumpin, Bogor

deblitznews|Rumpin

Dalam rangka memeriahkan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) 2018 tingkat kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 19-20 September 2018 bertempat di aula kantor kecamatan Rumpin.

MTQ kali ini dengan mengusung tema “Dengan Semangat MTQ dan Semangat Kebersamaan Serta Kekeluargaan Kita Wujudkan Masyarakat Rumpin Menjadi Masyarakat Qur’ani, Religius dan Cinta NKRI.

Sebanyak 14 Desa yang dikirimkan untuk mengikuti kegiatan MTQ tersebut, acara yang dibuka dengan pawai ta’aruf dari masing masing Desa yang mengikuti, sehingga membuat perhatian khusus warga Rumpin yang menyaksikan pawai pembukaan.

Menurut Asep Jamaludin, selaku koordinator acara mengatakan, “pawai ta’aruf akan memiliki nilai sendiri. Di mana nanti pihak kecamatan akan memberikan hadiah 1,2,3 bagi peserta ta’aruf,”jelas Asep kepada deblitznews.com pada, Rabu (19/9).

Pawai ta’aruf yang langsung disambut oleh pihak kecamatan, sekaligus tanda pembukaan MTQ yang di sampaikan langsung oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kurnia Indra.

“Dalam acara ini kami ingin mensiarkan agama Islam, dan membangun hubungan tali silaturahmi antara masyarakat, sehingga mencapai kerukunan yang islami,” ucapnya saat sambutan. (db/henkir)

 

Continue Reading

Berita Terpopuler