Connect with us

Fokus

Green Campbone, Bakal Buat Hutan Percontohan Di Kali Pesanggrahan.

Published

on

Green Campbone, saat melakukan kebersihan di bantaran kali pesanggrahan

deblitznews|Cinangka

Sebanyak 20 anggota Green Campbone, tumplek untuk melakukan kegiatan bersih-bersih dibantaran kali Pesanggrahan yang dilakukan pada Minggu (29/7) pagi.

Sementara, lokasi yang dijadikan pusat percontohan edukasi dan konservasi green campbone, berada di RT 02/07 dekat dengan studio Dapur Remaja Radio, yang dikenal oleh masyarakat Kp.kebon jamban pa Lisa.

“sementara lokasi yang dijadikan titik utama berada dibekas jamban pa Lisa, konon tempat ini dulunya sering di jadikan jamban untuk mandi, dan mengambil air kala musim kemarau”ujar Arief selaku ketua green campbone saat melakukan pemetaan wilayah garis sebaran sungai.

lebih lanjut dikatakannya, banyak manfaatnya apabila lokasi ini dihidupkan kembali, sisa sumur yang tadinya sebagai tempat air resapan masih ada, dan akan di fungsikan kembali sebagai sumber air bersih.

Selain itu, Arief menjelaskan, program sementara yang akan dilaksanakan untuk periode ini, berfokus mengenai penghijauan dan kebersihan kali Pesanggrahan, baik dari sampah liar atau sampah yang memang dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Melihat kondisi dewasa ini bantaran kali dan sungai sudah sangat memperihatinkan, kalau bukan kita siapa lagi,’ ujarnya.

Arief sangat berharap, dengan kegiatan yang dilakukan komunitas green campbone, dapat dukungan penuh oleh masyarakat, sehingga program untuk melindungi alam dan kali dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Insyaallah kedepannya, kami akan membangun sarana dan prasarana untuk edukasi kali dan penghijauan, sekaligus membuat posko pantau sebagai kontrol terhadap kali Pesanggrahan,”bebernya.

Rencananya, komunitas green campbone akan membuat turbin generator listrik dari air pesanggrahan, guna mendapatkan aliran listrik, yang digunakan sebagai sarana pendukung kegiatan selama berada di kali Pesanggrahan.

Ditempat yang sama, Sahak, selaku warga RT 02/07 Kampung kebon kelurahan Cinangka, sangat mendukung dan suport dengan kegiatan komunitas Dapur Remaja, sesuai dengan temanya pusat pengembangan bakat potensi remaja.

“jadi teruskan, kami selaku warga dan orang tua sangat mendukung kegiatan yang sangat positif ini, lindungi kali, lindungi lingkungan kita, hijaukan kampung kita ini,”bangganya.(db/nez).

 

Advertisement
Comments

Fokus

Sikap Komisi A Terhadap Maraknya Rumah Tumbuh Yang Tidak Berizin.

Published

on

Foto Ilustrasi. H. Moch Sakam

deblitznews.com| Pasir Putih.

Maraknya pembangunan perumahan yang di sinyalir tidak mempunya izin mendirikan bangunan (IMB) Sekretaris komisi A DPRD KOTA Depok dari fraksi Gerindra Moch Sakam terus mendesak kepada pemerintah kota Depok untuk tegas kepada pengembang perumahan yang tidak mengikuti persyaratan pembangunan.

“Pemerintah harus tegas kepada pengembang, yang belum melengkapi administrasi secara benar,”jelas H. Sakam kepada deblitznews.com saat berada di kelurahan Pasir putih pada Senin (18/3).

Dengan adanya pengembang di kota Depok baik perumahan besar atau kecil, pemerintah juga harus tegas terhadap pengembang besar yang tidak mengikuti peraturan. Pasalnya dengan tidak adanya IMB sudah jelas akan minimnya fasilitas sosial (fasos) fasilitas umum (fasum).

“minimnya fasos, fasum, didasari adanya perumahan yang tidak kantongi izin, apabila tidak di lengkapi IMB pemerintah harus menutup dan membongkar perumahan tersebut, siapapun dibelakangnya,,”jelas nya.

Secara pengawasan juga harus ketat lanjut Sakam, seperti yang sudah dilaksanakan kelurahan pasir putih melalui kasi trantib untuk mendata dan melaporkan ke pihak perizinan bagi perumahan yang tidak kantongi IMB.

“Apabila hal ini tidak di endahkan oleh pemerintah maka akan berdampak buruk bagi lingkungan dan keindahan kota Depok, “tambahnya.

Berdasarkan dampak yang lain tidak adanya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) seperti pemakaman, akan merugikan penghuni nantinya.(nez)

Continue Reading

Fokus

Sambut HUT Kota Depok ke-20 RW 03 Bedahan Beberes

Published

on

deblitznews.com|Bedahan.

Warga Kelurahan Bedahan, Sawangan Depok mulai Beberes dengan melakukan kerja bakti guna menyambut HUT Kota Depok ke-20, yang berlangsung pada tanggal 27 April 2019.

Hal ini dilakukan warga masyarakat kelurahan Bedahan khusunya di wilayah RW 03 melakukan kerja bakti untuk menciptakan lingkungan yang indah, kegiatan ini juga di ikuti oleh 9 RT yang ada di wilayah RW 03.

Ketua RW 03 Dasuki Martaih mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kecintaannya terhadap kota Depok, dan sekaligus dijadikan momentum untuk mengajak kepada warganya agar lebih peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.

“kegiatan ini juga sekaligus mendekatkan kepada masyarakat dan yang terpenting kita bisa saling mempererat tali silaturahmi kepada warga RW 03,”cetusnya kepada deblitznews.com pada, Rabu (13/3) disela sela kerja bakti bersama warga.

Dikatakannya, dengan pesatnya pembangunan yang dibangun oleh pemerintah kota, seperti betonisasi jalan, pembuatan turap dan saluran, sehingga membuat pembangunan di wilayah Bedahan semakin diminati dan cepatnya pertumbuhan.

“Alhamdulillah, ini adalah kegiatan lanjutan yang sudah di mulai di hari Minggu yang lalu, sementara kerja bakti yang dilaksanakan saat ini tertuju kepada pemotongan rumput yang sudah tinggi, pemotongan ranting pohon dan membersihkan got,”tuturnya.

Seperti biasa ketua RW 03 akan melakukan syukuran bersama warga setempat. Kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan Kota Depok semakin optimal dalam pelayanan kepada masyarakat. (nez)

Continue Reading

Fokus

Limbah Sampah Dan Pabrik Masuk ke Aliran Kali Pesanggrahan.

Komunitas Green Campbone saat sisir kali Pesanggrahan di malam hari.

Published

on

deblitznews.com|Sawangan.

Puluhan remaja yang tergabung di komunitas pencinta lingkungan dan kali Pesanggrahan Green Campbone Cinangka, Sawangan, Depok melakukan kegiatan rutin untuk patroli kali Pesanggrahan di malam hari.

Dikatakan koordinator lapangan dan pengembangan konservasi Green Campbone Imam menjelaskan, dengan aksi yang terus dilakukan GC untuk patroli kali dimalam hari, untuk meminimalisir adanya pengrusakan dengan cara meracuni air kali (portas-red) untuk mencari ikan.

“Selain mengawasi pencarian ikan dengan. Cara Portas, kami juga akan mencatat titik titik sampah dah pembuangan limbah yang sengaja di buang ke kali oleh oknum yang tak bertanggung jawab,”beber Imam.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk star patroli di mulai dari titik Jl. Raya Sawangan, sampai dengan Pos pantau limo.

“Banyak tumpukan sampah di sepanjang kali Pesanggrahan, ini di indikasikan karena adanya longsoran TPA Cipayung, Depok, dan banyak limbah pabrik tahu, di setiap aliran kali Pesanggrahan,”cetusnya kepada awak media saat di mintai keterangan pada Senin, (11/3).

Continue Reading

Berita Terpopuler