Connect with us

Fokus

Pemkot Depok Bantu Siswa Miskin Sekolah Gratis di Swasta

Published

on

deblitznews|Depok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) akan membantu membiayai siswa miskin untuk mendapat pendidikan di sekolah swasta melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Sebab, para siswa miskin yang tidak tertampung di sekolah negeri melampaui kuota penerimaannya. Seperti, pada semester I tahun ajaran 2018/2019, dana BOS APBD yang diberikan ke 160 SMP swasta akan dialokasikan untuk kebutuhan siswa miskin, sehingga mereka tidak dibebankan biaya atau gratis di sekolah swasta tersebut,” ujar Kepala Disdik Kota Depok, Thamrin di Balaikota.

Dia menjelaskan, bahwa untuk jumlah dana BOS APBD yang dialokasikan untuk siswa miskin di sekolah swasta sebesar Rp 3 juta per siswa setiap tahun. Dana tersebut akan ditransfer ke sekolah setiap semester sebesar Rp 1,5 juta.

“Jadi, untuk pencairannya menunggu APBD Perubahan Kota Depok. Kemudian, bagi sekolah swasta yang tidak menerima siswa miskin, maka sekolah tersebut tidak mendapatkan dana BOS APBD dan bantuan Kesejahteraam Rakyat (Kesra) untuk guru swasta,” jelas Thamrin.

Thamrin mengingatkan, bahwa dengan daya tampung dan jumlah sekolah negeri yang terbatas,  Disdik pun menentukan kuota penerimaan siswa miskin hanya sebesar 20 persen. Sedangkan, untuk jumlah sekolah negeri yang ada di Depok ada 272 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 26 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

“Artinya, ini bukan penolakan oleh sekolah negeri terhadap siswa miskin, tetapi karena daya tampung yang terbatas, sehingga kami membatasi penerimaan siswa miskin sebesar 20 persen di setiap sekolah negeri. Misalnya, daya tampungnya 300 siswa maka siswa miskin yang diterima hanya 60 siswa. Sementara yang mendaftar sekitar 200 siswa miskin di sekolah negeri,” imbuh mantan Sekertaris DPRD Depok itu.(db/chyu)

Advertisement
Comments

Fokus

Sikap Komisi A Terhadap Maraknya Rumah Tumbuh Yang Tidak Berizin.

Published

on

Foto Ilustrasi. H. Moch Sakam

deblitznews.com| Pasir Putih.

Maraknya pembangunan perumahan yang di sinyalir tidak mempunya izin mendirikan bangunan (IMB) Sekretaris komisi A DPRD KOTA Depok dari fraksi Gerindra Moch Sakam terus mendesak kepada pemerintah kota Depok untuk tegas kepada pengembang perumahan yang tidak mengikuti persyaratan pembangunan.

“Pemerintah harus tegas kepada pengembang, yang belum melengkapi administrasi secara benar,”jelas H. Sakam kepada deblitznews.com saat berada di kelurahan Pasir putih pada Senin (18/3).

Dengan adanya pengembang di kota Depok baik perumahan besar atau kecil, pemerintah juga harus tegas terhadap pengembang besar yang tidak mengikuti peraturan. Pasalnya dengan tidak adanya IMB sudah jelas akan minimnya fasilitas sosial (fasos) fasilitas umum (fasum).

“minimnya fasos, fasum, didasari adanya perumahan yang tidak kantongi izin, apabila tidak di lengkapi IMB pemerintah harus menutup dan membongkar perumahan tersebut, siapapun dibelakangnya,,”jelas nya.

Secara pengawasan juga harus ketat lanjut Sakam, seperti yang sudah dilaksanakan kelurahan pasir putih melalui kasi trantib untuk mendata dan melaporkan ke pihak perizinan bagi perumahan yang tidak kantongi IMB.

“Apabila hal ini tidak di endahkan oleh pemerintah maka akan berdampak buruk bagi lingkungan dan keindahan kota Depok, “tambahnya.

Berdasarkan dampak yang lain tidak adanya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) seperti pemakaman, akan merugikan penghuni nantinya.(nez)

Continue Reading

Fokus

Sambut HUT Kota Depok ke-20 RW 03 Bedahan Beberes

Published

on

deblitznews.com|Bedahan.

Warga Kelurahan Bedahan, Sawangan Depok mulai Beberes dengan melakukan kerja bakti guna menyambut HUT Kota Depok ke-20, yang berlangsung pada tanggal 27 April 2019.

Hal ini dilakukan warga masyarakat kelurahan Bedahan khusunya di wilayah RW 03 melakukan kerja bakti untuk menciptakan lingkungan yang indah, kegiatan ini juga di ikuti oleh 9 RT yang ada di wilayah RW 03.

Ketua RW 03 Dasuki Martaih mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kecintaannya terhadap kota Depok, dan sekaligus dijadikan momentum untuk mengajak kepada warganya agar lebih peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.

“kegiatan ini juga sekaligus mendekatkan kepada masyarakat dan yang terpenting kita bisa saling mempererat tali silaturahmi kepada warga RW 03,”cetusnya kepada deblitznews.com pada, Rabu (13/3) disela sela kerja bakti bersama warga.

Dikatakannya, dengan pesatnya pembangunan yang dibangun oleh pemerintah kota, seperti betonisasi jalan, pembuatan turap dan saluran, sehingga membuat pembangunan di wilayah Bedahan semakin diminati dan cepatnya pertumbuhan.

“Alhamdulillah, ini adalah kegiatan lanjutan yang sudah di mulai di hari Minggu yang lalu, sementara kerja bakti yang dilaksanakan saat ini tertuju kepada pemotongan rumput yang sudah tinggi, pemotongan ranting pohon dan membersihkan got,”tuturnya.

Seperti biasa ketua RW 03 akan melakukan syukuran bersama warga setempat. Kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan Kota Depok semakin optimal dalam pelayanan kepada masyarakat. (nez)

Continue Reading

Fokus

Limbah Sampah Dan Pabrik Masuk ke Aliran Kali Pesanggrahan.

Komunitas Green Campbone saat sisir kali Pesanggrahan di malam hari.

Published

on

deblitznews.com|Sawangan.

Puluhan remaja yang tergabung di komunitas pencinta lingkungan dan kali Pesanggrahan Green Campbone Cinangka, Sawangan, Depok melakukan kegiatan rutin untuk patroli kali Pesanggrahan di malam hari.

Dikatakan koordinator lapangan dan pengembangan konservasi Green Campbone Imam menjelaskan, dengan aksi yang terus dilakukan GC untuk patroli kali dimalam hari, untuk meminimalisir adanya pengrusakan dengan cara meracuni air kali (portas-red) untuk mencari ikan.

“Selain mengawasi pencarian ikan dengan. Cara Portas, kami juga akan mencatat titik titik sampah dah pembuangan limbah yang sengaja di buang ke kali oleh oknum yang tak bertanggung jawab,”beber Imam.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk star patroli di mulai dari titik Jl. Raya Sawangan, sampai dengan Pos pantau limo.

“Banyak tumpukan sampah di sepanjang kali Pesanggrahan, ini di indikasikan karena adanya longsoran TPA Cipayung, Depok, dan banyak limbah pabrik tahu, di setiap aliran kali Pesanggrahan,”cetusnya kepada awak media saat di mintai keterangan pada Senin, (11/3).

Continue Reading

Berita Terpopuler