Connect with us

Kesehatan

Dinkes Kota Depok Berikan Pelatihan Kader Posyandu.

Published

on

deblitznews|Sawangan.

Kegiatan pelatihan yang dibuka secara langsung oleh kepala puskesmas Sawangan, dr. Elin Berliana, MARS. Pelatihan pemantauan pertumbuhan, bayi dan balita, yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan kota Depok yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali di setiap kecamatan, dan penempatan pelaksanaan di aula kantor kecamatan Sawangan pada, Kamis (12/4).

Deasy Martini, pelaksana seksi Kesehatan dan gizi dinas kesehatan kota  Depok, memberikan arahan kepada Pokja kader PKK kelurahan dan kecamatan, Camatan Sawangan khusunya Pokja empat.

“memberikan arahan dan pelatihan bagai mana cara mengukur yang baik, jangan sampai ada kesalahan, karena kalau ada kesalahan berarti harus ada evaluasi ulang, dan kita juga harus mengecek ukurannya atau alat yang di gunakan masih baik atau tidak,”papar Desi.

Kegiatan kali ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada kader posyandu agar bisa memahami secara menyeluruh, dan berharap, kegiatan ini bisa diterapkan kepada kader posyandu yang ada di setiap wilayah. Penempatan di aula kecamatan Sawangan karena puskesmas sawangan tidak memungkinkan untuk tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan kader kesehatan.(nez)

Advertisement
Comments

Kesehatan

Berkendara Secara Aman Selama Bulan Ramadan

Published

on

PUASA Ramadan membuat jatah jam tidur berkurang, hingga membuat kita diserang rasa ngantuk. Bila rasa ngantuk dipaksa untuk berkendara — entah naik motor dan mobil — itu bisa mengancam keselamatan dan nyawa kita. karena rasa ngantuk membuat konsentrasi, penglihatan akan bereaksi menurun drastis.

Adapun masalah yang paling sering dihadapi saat berkendara adalah kantuk di pagi hari dan kemacetan luar biasa di sore hari. Hanya saja hal ini sering diabaikan oleh para pengendara, sehingga dapat mengakibatkan risiko buruk terjadi. Untuk itu, agar puasa lancar, pekerjaan tak terganggu, dan bisa buka puasa bersama keluarga di rumah. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti.

1. Tidur cukup

Jika kamu seorang pekerja yang setiap pagi pergi ke kantor dengan membawa kendaraan, usahakan optimalkan waktu tidur kamu dimalam sebelumnya. Sebisa mungkin hindari kegiatan yang bisa mengurangi waktu istirahat, seperti jalan-jalan atau nonton. Tidur yang cukup dapat menjadi solusi menghindari kantuk saat puasa, sehingga perjalanan ke kantor tetap aman.

2. Sopan di jalan

Berusahalah untuk selalu berkendara sopan dan tertib di jalanan. Terutama saat jam-jam padat, hal ini sangat membantu mengurai dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

3. Kurangi kecepatan

Rasa kantuk dan lelah dapat mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu, jangan hanya karena alasan agar cepat sampai ke rumah kamu memacu laju kendaraan dengan cepat. Berkendaralah dengan kecepatan wajar dan sesuai kondisi jalanan.

4. Gunakan GPS

Saat ini sudah tersedia beberapa pilihan layanan pemantau kondisi lalu lintas melalui gawai. Optimalkan fungsinya untuk memantau kondisi jalanan, sehingga kamu dapat memilih rute tercepat untuk sampai ke tempat tujuan.

5. Kendalikan emosi

Saat puasa, terutama menjelang berbuka, biasanya kamu ingin sampai tempat tujuan dengan cepat. Banyak dari kejadian seperti ini yang malah menjadi bumerang. Karena ingin sampai tujuan dengan cepat, banyak pengendara yang tidak memedulikan orang lain. Hasilnya, banyak pengendara yang mengalami kecelakaan. Untuk itu, sebaiknya aturlah emosi kamu saat berkendara. Sabar dan jangan terpancing untuk mengumpat saat menyetir.

6. Lindungi kendaraan

Meski kelima langkah di atas sudah diterapkan, kamu juga perlu melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan kendaraan dari musibah yang tak diinginkan. Karena meskipun sudah tertib di jalanan, bukan tidak mungkin pengendara lain menabrak motor atau mobil kamu.

Oleh karenanya, disiniilah pentingnya asuransi. Yang mana akan memastikan ketenangan saat berkendara. Dengan asuransi, kamu tidak perlu cemas jika terjadi kerusakan. Biarkan pihak asuransi yang memperbaiki mobil kamu.

Continue Reading

Kesehatan

Tubuh Bugar Selama Puasa Ramadan, Begini Caranya!

Published

on

PUASA ramadan membuat pola makan seseorang berubah. Di mana dari tiga kali menjadi dua kali sehari : saat sahur dan berbuka. Kondisi ini sering membuat seseorang mengira bahwa dirinya makan lebih sedikit dari biasanya.

Alhasil, ia cenderung menyantap porsi makan yang banyak saat berbuka puasa. Padahal kebutuhan kalori harian tubuh saat berpuasa, tetap sama saat tidak berpuasa — agar seseorang bisa tetap bugar dan produktif.

Seperti apa cara memenuhi kebutuhan kalori, setiap orang punya kebutuhan kalori berbeda – tergantung aktivitas, jenis kelamin, dan berat badan seseorang. Namun, pada umumnya, kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500 2.500 kkal setiap hari.

“Jadi, kamu harus perlu tahu kebutuhan kalori harian dulu, agar bisa menjalani aktivitas puasa dengan tubuh fit dan produktif. Jadi kamu tidak menambahkan asupan kalori atau mengurainya. Karena itu tidak dianjurkan. Mengapa? Ini agar kamu terhindar dari permasalahan kesehatan,” ujar dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik, dalam acara yang bertema Halodoc Luncurkan Program #Puasa Sehat, di The Hook Restaurant, di Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (4/5/2018)

Selain itu, agar seseorang bisa fit dan produktif selama puasa Ramada dokter Jovita memberikan lima tips dalam memilih makanan dan minuman. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1) Hindari konsumsi kafein serta makanan dan minuman manis secara berlebihan.

2) Untuk pemenuhan kebutuhan energi, pilih karbohidrat kompleks dari makanan berbahan gandum, buah buahan seperti pisang serta umbi-umbian.

3) Untuk mencegah begah hindari konsumsi gorengan dan santan berlebih saat berbuka.

4) Untuk mencegah konstipasi penuhi kebutuhan serat harian dari sayur sayuran.

5) Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa penuhi kebutuhan cairan minimum delapan gelas dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah makan malam, dua gelas sebelum tidur;

Gimana menarik,kan? So, dont miss it ladies

Continue Reading

Kesehatan

RS Puri Cinere Gelar Operasi Katarak Mata Gratis

Published

on

Direktur RS Puri Cinere, Dr Judiawan (kiri), dengan Direktur Keuangan RS Puri Cinere, Sri Suparni, bersama KC BRI Cinere,Henny Sumardiyanti (tengah) saat melakukan perjanjian kerjasama BRI KC Cinere, dan Rumah Sakit Puri Cinere. 

deblitznews|Cinere.

Rumah Sakit Puri Cinere bekerjasama dengan Bank BRI KC Cinere gelar operasi Katarak secara geratis, kegiatan ini bagian kepedulian sekaligus rasa tanggung jawab terhadap sesama di bidang kesehatan.

(lebih…)

Continue Reading

Berita Terpopuler