Connect with us

Featured

Seru, Masyarakat Serta Pemkot Depok Guyub Gotong Royong Bersihkan Eceng Gondok

Published

on

Guyub, Masyarakat serta Pemkot Depok turun bersihkan eceng gondok di setu Bojongsari, Depok Minggu (1/4).

deblitznews|Bojongsari

Seru, masyarakat serta aparat dari Kodim 0508 Depok, pada Minggu (1/4) laksanakan gotong royong untuk membersihkan gulma (eceng gondok) yang menutup permukaan air Situ Bojongsari kecamatan Bojongsari, Depok.

Sebelum membersihkan gulma, Walikota Depok, Mohammad Idris bersama Komandan Kodim 0508/Depok, Letkol Inf. Iskandarmanto dan Camat Bojongsari H. Usman Haliyana sempat menanam pohon dan melepas bibit ikan di situ yang mempunyai 7 muara dengan luas 27 hektar.

Sejak pagi masyarakat tampak sangat antusias untuk ikut membantu membersihkan gulma, termasuk anak-anak sekitar situ. Kodim 0508 Depok menurunkan sejumlah perahu karet. Pemerintah Depok juga menurunkan satu perahu karet bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Terlihat sejumlah anggota Kodim dan Satgas Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) lurah se Bojongsari, Tokoh Masyarakat setempat, tampak semangat mengangkat eceng gondok untuk diangkat ke pinggir situ.

Masyarakat yang tidak kebagian perahu karet tampak berenang ke tengah situ, kemudian menarik eceng gondok ke pinggir situ. Sejumlah anak warga sekitar situ tampak ikut berenang ke tengah kemudian menarik eceng gondok ke pinggir situ. Mereka tampak sangat ceria dan senang sekali bisa ikut membantu membersihkan situ.

Walikota Depok Muhammad Idris, saat memberikan sambutan sebelum acara bersih situ Bojongsari (Foto Istimewa)

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, setu Bojongsari merupakan salah satu dari 26 setu di Kota Depok, Jawa Barat, yang harus dipertahankan keberadaannya. Untuk itu, dalam rapat kerja sama pembangunan Jabodetabek akan diusulkan biaya pemeliharaan setu ini.

Idris, sudah mempersiapkan usulan tertulis untuk dibawa dalam rapat Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabek yang diketuai Gubernur DKI Anies Baswedan, pada Selasa (3/4/2018) besok.

“Dalam usulan itu juga termasuk biaya yang dibutuhkan untuk perawatan kawasan sekitar Setu Bojongsari,” tuturnya dalam apel sebelum kerja bakti bersih-bersih Setu Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Walikota Depok optimistis, usulan itu akan disetujui sebab bertujuan untuk melestarikan lingkungan yakni mempertahankan setu yang merupakan tandon sekaligus resapan air.

Dari sisi kewenangan, kata Wali Kota, Pemerintah Kota tidak bisa sepenuhnya menangani perbaikan setu dengan menggunakan anggaran daerah. “Kewenangan itu masih di tangan instansi pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” tuturnya.

Pemerintah Kota Depok selalu mengusulkan kepada pemerintah pusat agar memperhatikan kondisi setu. “Mudah-mudahan usulan kami disetujui sehingga tahun 2019 ada pembenahan setu, khususnya Setu Bojongsari,” tutur Idris.(db)

Walikota Depok saat menanam Pohon di wilayah situ Bojongsari (Foto Istimewa)

Continue Reading
Advertisement
Comments

Featured

Ingin Lebih Dekat Dengan Alam, Irena Sisir Kali

Published

on

deblitznews| Cinangka

Crooss Country remaja masjid Irena Kp. Kebon Cinangka, Sawangan Depok, mengajak kepada seluruh pengurus dan anggota untuk ikut dalam pelaksanaan acara yang dilaksanakan pada Minggu (15/4) pagi, untuk lebih dekat dengan alam.

(lebih…)

Continue Reading

Featured

Komunitas Green Campbone:  Buang Sampah Dan Limbah di Sungai  Akan Ditindak Tegas

Published

on

deblitznews|Cinangka

Sisir kali Pesanggrahan, Komunitas Green Campbone bersama remaja masjid IRENA melakukan aksi peduli kali Pesanggrahan, hal ini dilakukan sekaligus mengajak kepada generasi muda untuk lebih aktif terhadap lingkungan, terutama masalah pencemaran yang ada di kali.

(lebih…)

Continue Reading

Featured

RW 08, Kebersihan Bukan hanya Sampah Narkoba Juga

Published

on

Deblitznews|Bedahan

Barjaudin selaku ketua RW 08 Kampung Perigi kelurahan Bedahan, Sawangan, Depok sangat serius untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban yang ada di wilayahnya. Terutama mengenai miras dan narkoba, pasalnya dikota Depok sudah banyak yang menjadi korban dari minuman keras oplosan.

(lebih…)

Continue Reading

Berita Terpopuler