Connect with us

Hukum & Kriminal

Kejaksaan Negeri Depok Musnahkan Barang Bukti

Published

on

deblitznews|Depok

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok, Yudha Purnawan Sudianto mengungkapkan, bahwa dari hasil sitaan dari beberapa kasus yang perkaranya telah memiliki kekuatan hukum tetap, pihaknya musnahkan sejumlah barang bukti seperti narkotika, senjata api, uang palsu, obat keras dan timbangan.

“Benar semua barang bukti tersebut dimusnahkan merupakan hasil sitaan dari beberapa kasus yang perkaranya telah memiliki kekuatan hukum tetap,” ungkapnya kepada wartawan pada Kamis (1/9) dikantornya.

Yudha menjelaskan, bahwa barang bukti tersebut disita serta dimusnahkan. Diantaranya, ganja seberat 98.175 kilo gram, shabu-shabu 1.04 kilo gram, pil lexsotan 114 butir, pil ekstasiy 109 butir, psikotopika Jenis Alprazolam sebanyak 99 tablet, psikotropika jenis Riclona sebanyak 9 strip berisikan 89 tablet, obat keras jenis tramadol kapsul sebanyak 14 strip dengan jumlah 1.639 tablet, obat keras jenis tramadol HCL sebanyak 164 strip dengan jumlah 1.639 tablet, obat keras jenis THP sebanyak 65 strip berisikan 649 tablet, obat keras jenis Otto sebanyak 8 potongan strip berisikan 9 tablet, alat hisap shabu sebanyak 21 buah, 1 pucuk senjata api jenis pistol merk para X LDA dengan seri P237302 dengan 151 butir amunisi caliber 9 mm, senjata rakitan 2 pucuk dengan peluru 10 butir, uang pecahan Rp100 ribu sebanyak 3.700 lembar, Rp50 ribu ada 600 lembar, Rp20 ribu sebanyak 1.456 lembar, pecahan $100.000 sebanyak 794 lembar dan 10 timbangan.

“Jadi mengenai keberadaan senjata api dan butir peluru sengaja tidak dimusnahkan, melainkan diserahkan ke Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Menurutnya, bahwa pelaku tindak kriminal yang telah mendapat hukuman kebanyakan dialami anak-anak dan mahasiswa.  “Barang bukti yang saat ini dimusnahkan kebanyakan didapat dari mahasiswa dan anak-anak. Artinya, pelaku tindak kriminal didominasi anak dan mahasiswa,” tutur Yudha.

Yudha menambahkan, pemusnahan barang bukti sengaja dilakukan bersamaan, tidak berdasarkan jenis barang bukti. Hal itu, kata dia, dilakukan untuk menghindari kesan bahwa Kota Depok dijadikan sebagai Kota narkoba.  ” Saya tegaskan disini tidak ada kompromi bagi kasus narkoba,” tandasnya.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Depok Beny Hermanto membenarkan, bahwa barang bukti ini merupakan barang bukti hasil pengungkapan kasus di wilayah hukum Depok.

“Jadi para pelaku ditangkap dari beberapa lokasi berbeda yakni terminal, stasiun kereta listrik (KRL) dan perumahan. Bahkan mereka yang tersangkut kasus narkoba rata-rata berusia di atas 18 tahun,” ujarnya.

Beny menduga bahwa beberapa lokasi di wilayah hukum Kota Depok ini dijadikan tempat memproduksi narkotika. “Namun itu hanya dugaan, masih harus terus didalami,” ucapnya.(db/Cahyu)

Continue Reading
Advertisement
Comments

Hukum & Kriminal

Lagi. Wartawan Jadi Korban Pengeroyokan

Published

on

deblitznews|Jakarta 
Kekerasan terhadap Wartawan kembali terjadi.  Kali ini dialami oleh salah seorang Anggota Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Setwil Jawa Timur yang berinisial SA dari koran TKP.

(lebih…)

Continue Reading

Hukum & Kriminal

FPII: Kekerasan Yang dilakukan Oknum Protokoler PURR Terhadap Wartawan Harus dipidanakan

Published

on

deblitznews|Jakarta

Kekerasan terhadap pekerja jurnalis kerap terjadi, Rabu 31 Mei 2017 kembali tindakan kriminalisasi terhadap wartawan salah satu media nasional. Bunaiya Fauzi Arubone, menjadi korban kekerasan. Wartawan yang akrab disapa Neya itu diancam dan dicekik oleh orang yang mengaku petugas protokoler Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

(lebih…)

Continue Reading

Hukum & Kriminal

Kekerasan Terhadap Wartawan Kembali Terjadi. Kali Ini Korbannya Wartawan Rakyat Merdeka Online (RMOL).

Published

on

deblitznews|Jakarta

Kepada Akurat.co, Bunaiya menceritakan awal mula pemuklulan dan penghinaan terhadap dirinya. Bunaiya meliput di lantai 17, Gedung Utama Kementerian PUPR. Setelah adzan magrib. Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono hendak membagi-baikan plakat diacara pengukuhan pengurus Badan Kejuruan Teknik Lingkungan Persatuan Insinyur Indonesia periode 2017-2020.

(lebih…)

Continue Reading

Berita Terpopuler