Connect with us

Berita

MUI Kota Depok Keluarkan Fatwa Haram, KSP Pandawa Mandiri

Published

on

deblitznews|Depok

Setelah melakukan pengumpulan data dan pengkajian, akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok mengeluarkan fatwa haram terhadap investasi di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group yang berkantor di Kelurahan Meruyung, Limo.

Ketua MUI Kota Depok, KH A Dimyati Badruzaman mengatakan, dalam surat Keputusan Fatwa MUI Kota Depok Nomor 01/SK/MUI/Dpk/VI/2016 ditegaskan KSP Pandawa Mandiri merupakan koperasi yang berkedok pengelola dana investasi melakukan prakteknya dengan mencatut pemuka agama Islam.

“Dalam hal ini ustad sebagai grup leader/agen/sales marketing dari KSP Pandawa,” ujar Dimyati dalam surat keputusannya, kemarin.

Kemudian, pihaknya telah menerima laporan dan aduan dari warga sekitar yang merasa resah dengan praktek koperasi Pandawa itu. Apakah pengelolaan dana investasi sesuai dengan syariat Islam.

“Atas laporan warga tersebut, Komisi Fatwa, Hukum dan Perundang-undangan bekerjasama dengan Komisi Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan MUI Depok melakukan penelitian sesuai SOP,” kata dia.

Dimyati menjelaskan, atas kajian dan penelitian yang dilakukan MUI Depok tersebut, memutuskan bahwa KSP Pandawa Mandiri Group haram karena ada unsur praktek riba.

“KSP Pandawa bukan lembaga keuangan syariah yang berpedoman pada Fatwa Dewan Syariah Nasional. Praktek yang dilakukan KSP Pandawa pun tidak dibenarkan dalam lembaga keuangan syariah,” tegasnya.

Selain itu, dia merincikan, dalam prakteknya KSP Pandawa mencatut sejumlah nama ustad guna meyakinkan warga jika prakteknya sesuai dengan syariat Islam.

“Akad-akad yang dilakukan dengan sejumlah investor merupakan akad yang rusak (fasid) mengandung unsur riba, tidak transparan (gharar) dan rawan penipuan,” jelasnya.

Dia menegaskan, atas dasar tersebut dan bukti-bukti yang mendukung, maka MUI Depok menyatakan secara tegas jika KSP Pandawa adalah haram.

“Masyarakat Depok saat ini tidak perlu resah, karena fatwa MUI yang sudah dikeluarkan secara tegas menyebutkan jika KSP Pandawa dalam menjalankan prakteknya adalah haram dan tidak sesuai dengan syariat Islam,” ucap Dimyati.

Sementara, Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, dirinya sudah mendengar bahwa MUI. Kota Depok sudah mengeluarkan fatwa haram terkait investasi di Koperasi Pandawa saat dikompirmasi awak media.

“Saya sudah menbengar itu, kebetulan saya ketua litbang (Penelitian dan Pengembangan) MUI Kota Depok,” kata Idris.

Dia melanjutkan, tugas dari Litbang sendiri adalah untuk mengumpulkan data-data dan informasi yang dibutuhkan dan dibentuk untuk merangkum hasil dan membuat keputusan di komisi fatwa.

“Keputusannya dari komisi fatwa dan ulama-ulama yang kompeten terkait hal itu,” ujarnya.

Dia menilai, keputusan membuat fatwa haram berinvestasi di Koperasi Pandawa yang dikeluarkan MUI Kota Depok sudah tepat. Karena, lanjut Idris, terdapat unsur hurur, yakni unsur tidak jelas, baik tidak jelas transaksinyan barangnya, dan objek yang diperjualbelikan.

“Dalam sebuah transaksi harus jelas barang yang ditransaksikan. Sementara di Pandawa tidak ada kejelasan,” tuturnya.

Kemudian, kata Idris, dari sisi aturan perkoperasian yang berlaku saat ini, tidak boleh ada investasi, tetapi koperasi itu murni simpan pinjam dari dan untuk anggota.

“Kami dari Pemkot Depok hanya menghimbau agar tidak berinvestasi di Pandawa, karena MUI sudah mengeluarkan fatwa haramnya,” ucap Idris. (db/adi)

Advertisement
Comments

Peristiwa

DPD Partai Berkarya Depok Peduli Lombok

Published

on

Ibu Ketua DPD Partai Berkarya kota Depok, berikan bantuan secara simbolis

deblitznews|Lombok

Peristiwa terjadinya gempa diLombok Nusa Tenggara Barat yang sangat memilukan bangsa ini mendapat perhatian dari berbagai kalangan, tak terkecuali dari partai Berkarya yang ada di Kota Depok.

H.Acep Saepudin selaku ketua DPD partai berkarya merasa sangat prihatin terhadap korban bencana gempa bumi tersebut, Ia pun bersama kader partainya ikut turun langsung untuk membantu ke tempat kejadian di Lombok NTB untuk memberikan bantuan keuangan maupun peraalatan yang dibutuhkan kepada para korban gempa bumi disana.

Gempa bumi yang terjadi dalam skala Righter yang begitu besar bahkan bisa menimbulkan tsunami menurut H. Acep Saepudin ini adalah musibah yang harus benar-benar kita perhatikan, dan harus kita bantu karena mereka adalah saudara kita, bila ada saudara kita yang terluka maka kita wajib membantunya,ungkap beliau.

Kurang lebih sebanyak 25 pengurus DPD maupun DPC partai Berkarya Kota Depok ikut serta ketempat bencana di NTB, untuk mengantar bantuan serta membantu para korban, H Acep Saepudin juga mengatakan.

“Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat kota Depok dan sekitarnya, untuk saling membantu para korban bencana di NTB, untuk bisa membantu secepatnya agar kondisi kesejahteraan masyarakat yang terkena bencana bisa pulih dan tidak menjadi trauma bagi para korban yang terkena bencana,”ujarnya.

Dengan kejadian tersebut, banyak korban jiwa, serta rumah masyarakat maupun fasilitas umum yang luluh lantah akibat besarnya gempa di wilayah Lombok , untuk sementara, masyarakat yang terkena bencana masih mengungsi ditempat yang dibuat sendiri maupun pemerintah dan tempat ibadah serta pasilitas umum yang ada.

Senang dan terharu ketika warga menerima Salah satu warga bantuan.

“Kami sangat mengapresiasi kepedulian Partai Berkarya dimana yang lain belum datang, tetapi partai berkarya dari kota Depok malah lebih dahulu sampai membantu kami, kami berterima kasih yang sangat peduli terhadap kami yang terkena musibah ungkapnya.(db/Mauludin)

Continue Reading

Berita

Juanda, Lurah Curug Ajak Masyarakat Untuk Guyub Ramaikan Hut kemerdekaan RI ke 73

Published

on

Juanda Lurah Kelurahan Curug, Bojongsari, Depok

deblitznews|Bojongsari.

Selama Bulan Agustus, warga masyarakat kelurahan Curug  dari tingkat RT dan RW sudah ramai melaksanakan kegiatan, baik perlombaan atau menghiasi wilayah dengan pemasangan umbul-umbul, gapura dan Bendera untuk menyambut  HUT RI ke 73.

Sedangkan kelurahan Curug akan melaksanakan malam tasyakuran di kantor kelurahan yang akan mengundang seluruh tokoh agama, masyarakat kelurahan Curug, dan juga menghadirkan ustadz Abdul Alfarizi sebagai penceramah.

“malam puncaknya kita akan melaksanakan malam tasyakuran dan do’a bersama untuk para pahlawan perjuangan kemerdekaan,”Beber Lurah Juanda kepada deblitznews.com saat di temui .

Selain itu, Kegiatan apel bersama yang dilaksanakan di lapangan bola Generasi Muda Curug (GMC) yang akan melibatkan pelajar dari tingkat PAUD sampai dengan SMA, dan  seluruh masyarakat kelurahan Curug.

“saya sangat berharap kepada masyarakat kelurahan Curug untuk bisa menghadiri acara tasyakuran dan apel bersama, dilapangkan GMC,”ajaknya.(db/nez).

Continue Reading

Berita

Silancab Ajang Silaturahmi Kepada 11 Caleg Dan Simpatisan  PPP

Published

on

Ketua DPC PPP kota Depok bersama Caleg dapil enam, dalam acara Silancab

deblitznews|Sawangan

PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok, gelar Silahturahmi Anak Cabang (Silancab) PAC PPP Sawangan yang bertempat di Joglo Nusantara Hery Gonku situ pengasinan pada Minggu (5/8).

Hadir dalam acara silancab tersebut, ketua DPC partai Persatuan Pembangunan kota Depok, Hj Qonita Lutfiyah, Ketua PAC PPP Bojongsari Awaludin Rintik, Ketua PAC PPP Cipayung Rahmat Hidayat dan Ketua PAC PPP Sawangan Makmun Pratama, serta 11 bacaleg yang ada di dapil 6, Sawangan, Bojongsari dan Cipayung.

Untuk itu, ketua PAC PPP Sawangan Makmun Pratama mengatakan, Mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia yang telah membuat acara ini, selain itu, tidak terlepas, besarnya PPP di kota Depok berkat kerja kerasnya Hj. Qonita selaku ketua DPC kota Depok.

Silancab ini mengangkat tema “Membangun Soliditas dan Solidaritas, mewujudkan cita-cita Kejayaan Partai”.

“Alhamdulillah acara ini juga turut menghadirkan 11 Bacaleg dari Dapil 6 yaitu, Hj Qonita Lutfiyah SE, MM, Asmawih, Novita Sari Rahayu, Waway Suwarna, SS, Hj Choiriawati, Solehuddin Assyukriyi, Pipih Nurlutfiyah, Alpian, SKom, Muhamad Hafidz Nouval, Tutut Hardiyanti, dan Heru Indra Setiawan ”beber Makmun.

Sementara dari 11 Bacaleg PPP Dapil 6 Sawangan, Bojongsari dan Cipayung yang tidak hadir dalam acara Silancab adalah Heru Indra Setiawan dan Muhamad Hafidz Nouval.

Solehuddin Assyukriyi caleg No 6 dari Dapil 6 mengatakan dengan tagline anak muda harus berprestasi, siap membangun PPP di Kota Depok

“Saya mengembangkan dan membangun PPP khususnya di wilayah Cinangka” jelas Solehuddin.

Sementara, Hj Qonita Lutfiyah, Ketua DPC PPP Kota Depok mengatakan dengan semua proses yang telah dijalani selama ini mereka sudah layak menjadi caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Kebersamaan ini merupakan rasa cinta kepada PPP semoga di tahun 2019 bisa menjadi kemenangan PPP di Kota Depok dengan perjuangan dan pengorbanan” ajak Hj Qonita.

Lebih lanjut dikatakannya, kebersamaan dan kekuatan harus dijaga sampai akhir, jangan sampai terpecah karena kontes ini dan jangan caleg itu sebagai rival tetapi sebagai partner untuk membangun PPP di Kota Depok.

“Perlu diketahui bahwa PPP juga bukan partai pencitraan tetapi partai kerja nyata dan untuk Dapil 6 ini kami menargetkan 2 kursi di DPRD Kota Depok,”ucapnya kepada deblitznews.com usai acara silancab.

Selain itu, Hj.Qonita juga memperkenalkan bacaleg tingkat provinsi, untuk dapil Depok dan Bekasi, H.Muhammad Said, sebagai bendum DPW Provinsi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Bekasi.(nz)

Continue Reading

Berita Terpopuler