Connect with us

Gaya Hidup

Vaksin Zika Masih Lama, WHO Sarankan Hindari Gigitan Nyamuk

Published

on

Para pejabat kesehatan dari Amerika, Brazil, dan negara-negara yang terjangkit virus itu mengatakan kepada anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB pekan lalu, bahwa upaya di seluruh dunia berpusat pada pengawasan, tanggapan, dan penelitian.

Para pejabat kesehatan mengatakan, Zika bukan virus baru. Zika ditemukan pada tahun 1947 di Uganda dan tidak mempengaruhi manusia sampai tahun 1960-an. Gejala-gejala yang diperlihatkan sering membuat orang keliru dan mengira itu demam berdarah atau chickungunya. Tapi sejumlah besar penularan sejak tahun lalu telah membeberkan dampak baru dan lebih berbahaya dari virus itu.

Patrick Kachur, pejabat kesehatan AS (CDC) mengatakan, “Situasinya berubah dengan cepat, seperti yang mungkin disadari oleh setiap orang, dan sebagai akibatnya kami mempelajaru Zika hampir tiap hari.”

Penelitian lebih jauh diperlukan untuk menentukan apakah Zika menyebabkan cacat lahir seperti microcefaly, atau bayi lahir dengan kepala kecil atau abnormal, mempengaruhi syaraf dan penyakit lainnya. Para pejabat mengatakan untuk saat ini mereka memusatkan perhatian pada upaya mengurangi populasi nyamuk dan mendidik masyarakat tentang bagaimana melindungi diri mereka sendiri.

Sebuah delegasi dari Haiti menyatakan keprihatinannya bahwa virus Zika mungkin memiliki dampak buruk pada negara miskin itu.

“Dalam hal pendanaan, kami dihadapkan pada situasi darurat. Kami berada pada akhir musim kemarau dan sementara belum banyak penularan dilaporkan, tetapi kami yakin kalau musim hujan tiba bulan depan, kita mungkin akan menyaksikan lebih banyak penularan virus Zika dan penyakit lain yang dibawa oleh nyamuk,” kata Mourad Wahba.

WHO memperkirakan akan menelan biaya 53 juta dolar untuk mengatasi situasi Zika ini di seluruh dunia.

Natela Menabde, pejabat WHO mengatakan, “Terdapat dua arah penelitian dan pengembangan yang kami pelajari. Pada pengembangan vaksin, kami memetakan upaya-upaya saat ini untuk mengembangkan calon vaksin. Ini akan memakan waktu beberapa bulan lagi sebelum kita mempunyai vaksin, tetapi dua produsen vaksin sudah mencapai kemajuan yang berarti.”

Penelitian juga dilakukan untuk mengembangkan nyamuk jantan yang dimodifikasi secara genetik yang akan menghasilkan larva lemah ketika dikawinkan dengan nyamuk betina liar. Upaya itu secara signifikan akan mengurangi populasi nyamuk. [ps/jm]

Advertisement
Comments

Wisata

Waterboom Putri Duyung Sawangan, Berbagi Kepada 116 Anak Yatim.

Published

on

deblitznews.com|Sawangan.

Hari Rabu 1 Mei 2019 bertepatan dengan libur nasional (Hari Buruh) ada yang berbeda dari biasanya di taman wisata air Waterboom Putri Duyung Sawangan, yang berada di Jl Bungsan, kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok.

Dengan mengucapkan rasa syukur atas keberkahan yang di berikan oleh Allah SWT, pemilik Waterboom yang biasa di sapa bang H.Nas, merayakan hari jadinya yang ke 45 tahun dengan mengundang 116 anak yatim yang ada diwilayah sekitar wahana air Waterboom Putri duyung yaitu RW 03 dan 04.

Hadir dalam, acara tersebut Kapolsek Kompol Prasetyo, Danramil 05 Kapten Arm Erwin Saputra, Ustadz Madina, ketua RW, ketua RT, serta tokoh masyarakat yang ikut memberikan do’a atas bertambah nya usia sang pemilik wisata Waterboom Putri Duyung H. Nasruloh.

” Alhamdulillah bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke 45 tahun, saya sedikit memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim, berupa bingkisan sembako dan uang saku,”ujar H. Nas usai acara.

Pengunjung juga dapat menikmati live musik dangdut SK, yang menampilkan sederetan artis ibu kota untuk menggoyang pengunjung wahana air Waterboom Putri Duyung.(nez)

Continue Reading

Kuliner

Pesta Rakyat Dalam Acara Festival Kudapan lokal Depok

Published

on

deblitznews.com|Depok

Pemerintah Kota Depok menggelar pesta rakyat dengan Festival Kudapan Lokal se-Kota Depok gelaran pesta rakyat ini untuk mengangkat produk UMKM lokal Kota Depok, melalui Dinas Koprasi dan Usaha Mikro (DKUM) menggandeng International Council For Small Business ( ICBS), di halaman Balaikota, senen, (11/03/2019).

Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Kota Depok Fitriawan, mengatakan pemberdayaan dan pengembangan UMKM memang harus dilakukan oleh semua unsur terkait, yaitu Pemerintah Kota, Akademisi dan Peneliti maupun komunitas usaha yang tergabung dalam ICSB perlu adanya integritas. Kemudian masih kata Fitriawan, dalam penilaian itu sebagai kriteria merajut pada menu favorit, menu terbaik dan menu khas lokal.

“Dari hasil ini kami yakin produk unggulan Kota Depok akan menjadikan Depok punya khas tersendiri, mengingat ini baru pertama kali festival kudapan di gelar,” ungkap Fitri.

Maksud di gelarnya festival kudapan ini, menurut Fitriawan, adalah untuk mengangkat produk – produk kudapan unggulan dari berbagai jenis kaliber, sedangkan panitia mengambil peserta dari 11 Kecamatan se-kota Depok.

“Semoga produk-produk tersebut dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi jamuan sehari-hari warga Kota Depok”,ujar Fitriawan pada media deblitznews.com seusai pembukaan festival.

Dewan pembina ICSB, kota Depok H. Acep Al Azhari menuturkan, Festival kudapan Kota Depok ini menjadi kegiatan pertama International Council for Small Business (ICSB) yang didukung oleh Dewan komunitas Pengusaha Depok, Pemerintah dan masyarakat akademisi seperti Universitas Indonesia (UI), Guna Dharma.

Acep berharap kudapan lokal Kota Depok tahun 2019 ini dinilai untuk di jadikan produk unggulan Kota Depok dan secara luas akan di kenal bagi masyarakat Kota Depok dan secara umum nanti ke depan menjadi khas oleh-oleh Kota Depok.

“Kami menggandeng ICSB memiliki jaringan yang sangat luas dan diharapkan dapat meningkatkan kesempatan bagi penggiat kuliner UMKM khususnya kudapan lokal, agar tidak hanya dikenal dalam skala lokal kota Depok namun dapat bersaing secara nasional bahkan go internasional”.ujar acep

Sementara Walikota Depok M. Idris mengajak warga masyarakat Kota Depok untuk terus meningkatkan daya saing, daya beli terutama produk produk unggulan, seperti yang saat ini adanya festival kudapan yang menyajikan dan mencari bentuk ciri khas Kota Depok melalui produk UMKM. Membuat konsep ke depan membangun jaringan mulai dari kelurahan dan kecamatan sebagai awal seleksi lomba di 11 kecamatan seluruh Kota Depok, dimana nantinya akan muncul produk produk unggulan dan ciri khas Kota Depok akan mendunia.

“Kami akan kolaborasi dengan semua komponen di Kota Depok, dari 55 kudapan lokal ini segera mendapatkan produk unggulan apakah nanti seperti dodol depok atau belimbing depok dan yang kita jual juga ada batik Kota Depok,” tutur Idris dengan sangat berharap depok memiliki ciri khas tersendiri. (adi).

Continue Reading

Wisata

Meriah, libur Nyepi keberkahan Sendiri Untuk Waterboom Putri Duyung.

Published

on

deblitznews|Bedahan.

Libur nyepi wahana air putri duyung sawangan, Depok di banjiri pengunjung dari berbagai daerah. Selain menikmati wahana air, pengunjung juga dihibur oleh musik dangdut SK secara live yang menghadirkan sederetan artis yang sudah melalang buana di panggung hiburan.

Sekitar 2000 lebih pengunjung yang hadir untuk menikmati liburannya pada Kamis (7/3). Ettu pengunjung dari Sukatani, Tapos ,Depok. Datang bersama keluarga besarnya untuk menikmati suasana liburannya.

“Hari ini kan libur Nyepi, saya bareng keluarga memang sudah merencanakan untuk ke putri duyung sawangan, untuk bermain di wahana air,”ucapnya.

Diutarakannya, setelah dilokasi Ettu bersama keluarga kaget kalau di lokasi ada music live dangdut SK, jadi semakin meriah suana libur kali ini.

Putri Duyung di setiap hari libur besar seperti, libur Nyepi (7 Maret 2019) selalu menghadirkan ivent untuk menghibur para pengunjung, seperti yang sudah dilaksanakan pada tanggal 23 February 2019, menghadirkan si ratu dangdut Elvi Sukaesih untuk menghibur para pengunjung, namun kali ini pengunjung di hibur oleh group Dangdut SK.(db).

Continue Reading

Berita Terpopuler