Connect with us

Kesehatan

Kopi Bisa Cegah Kematian Dini

Published

on

Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa minum kopi mungkin bisa menghindarkan kita dari cepat meninggal.

Hasil penelitian para peneliti Harvard T.H. Chan School of Public Health yang dipublikasikan di jurnalCirculation, mendapati bahwa orang yang meminum kopi antara tiga sampai lima cangkir sehari mungkin bisa mencegah kematian akibat penyakit tertentu.

Bahkan kopi decaf mencegah kematian akibat penyakit jantung, syaraf, diabetes tipe 2, dan bunuh diri, menurut para peneliti.

“Senyawa bioaktif di kopi mengurangi resistensi insulin dan peradangan sistematis,” kata penulis peneliti Ming Ding, siswa doktoral di Fakultas Nutrisi. “Ini mungkin bisa menjelaskan hasil penelitian kami. Namun dibutuhkan penelitian tambahan untuk meneliti mekanisme biologis yang memproduksi efek-efek ini.”

Penelitian yang melibatkan sekitar 200.000 subyek penelitian menyertakan data dari tiga penelitian yang sedang berlangsung. Mereka mengisi kuesioner tentang kebiasaan minum kopi setiap empat tahun sekali selama 30 tahun.

Para ilmuwan mengatakan selama penelitian, 19.524 perempuan dan 12.432 pria meninggal “karena berbagai sebab.”

Mereka mendapati meminum kopi dalam jumlah yang wajar “dikaitkan dengan menurunnya risiko kematian akibat penyakit jantung, diabetes, penyakit syaraf seperti Parkinson’s, dan bunuh diri.”

Tidak ditemukan kaitan antara meminum kopi dan kanker.

Para ilmuwan juga meneliti kebiasaan lainnya seperti merokok, kegemukan, tingkat keaktifan, konsumsi alkohol dan pola makan.

“Penelitian ini memberikan bukti tambahan bahwa konsumsi kopi yang sewajarnya baik bagi kesehatan yaitu bisa mengurangi kematian akibat berbagai penyakit,” kata peneliti senior Frank Hu, professor nutrisi dan epidemiologi.

“Data ini sesuai dengan laporan tentang petunjuk pola makan 2015 atau Dietary Guidelines Advisory Report yang menyimpulkan bahwa ‘konsumsi kopi yang sewajarnya bisa disertakan pada pola makan sehat.’” [dw]

Continue Reading
Advertisement
Comments

Kesehatan

Meriah: RSUD Kota Depok Gelar Lomba Hand Hygiene Dance

Published

on

deblitznews|Depok.

Rumah Sakit Umum Daerah kota Depok (RSUD) dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke 10 gelar berbagai macam kegiatan,  acara ini juga sekaligus memeriahkan HUT kota Depok yang ke 19.

(lebih…)

Continue Reading

Kesehatan

Dinkes Kota Depok Berikan Pelatihan Kader Posyandu.

Published

on

deblitznews|Sawangan.

Kegiatan pelatihan yang dibuka secara langsung oleh kepala puskesmas Sawangan, dr. Elin Berliana, MARS. Pelatihan pemantauan pertumbuhan, bayi dan balita, yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan kota Depok yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali di setiap kecamatan, dan penempatan pelaksanaan di aula kantor kecamatan Sawangan pada, Kamis (12/4).

(lebih…)

Continue Reading

Kesehatan

Fosima Sawangan Gelar Seminar Bahayanya LGBT

Published

on

Fosima Sawangan gelar seminar LGBT. (Foto :onz)

deblitznews|Sawangan

Maraknya LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) merupakan suatu prilaku yang menyimpang. Untuk itu, dilihat dari bagaimana perspektif hukum di Indonesia dan hukum Islam khusunya.

(lebih…)

Continue Reading

Berita Terpopuler