Connect with us

Video

Muslim muslimah Irfan Alfatih ft. Annisa Rahmah (SAMPLE)

Published

on

Advertisement
Comments

Video

Yang Hobi Sama Burung

Published

on

deblitznews | Hobi

Jalak Putih (Sturnus melanopterus), adalah salah satu spesies dari sekian banyak spesies burung Jalak yang ada di Indonesia. Populasi burung Jalak Putih ini tersebar di pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatra dan Kalimantan.

Bagi kalangan penggemar burung, burung Jalak Putih dianggap sebagai burung tengahan berada di antara Jalak Suren dan Jalak Hitam.
Jalak putih termasuk burung yang eksotis karena memiliki penampilan yang cantik, serta memiliki suara yang tidak kalah baiknya dibanding Jalak Suren maupun Jalak Hitam. Beberapa penggemar burung sering membanding-bandingkan keunggulan antara Jalak Putih dengan Jalak Suren.

Seperti Jalak Bali, populasi burung Jalak Putih ini pun saat ini sedang berada diambang kepunahan, karena maraknya perburuan terhadap burung ini di alam. Keberadaan burung ini telah dilindungi oleh undang-undang, karena populasinya semakin sedikit. Di pulau Jawa burung ini nyaris tidak berkembang, untungnya di pulau Sumatra dan Kalimantan, burung Jalak Puth ini masih berkembang dengan baik. Hanya saja karena permintaan terhadap burung ini dari pulau Jawa, sehingga membuat penduduk setempat di Kalimantan maupun Sumatra jadi turut menangkap burung ini di habitatnya.
Habitat burung Jalak Putih ini adalah di rawa-rawa, hutan dataran rendah. Dahulunya burung ini masih mau berkeliaran di sekitar sawah dekat pedesaan. Tetapi saat ini populasi burung ini hanya terdapat di pedalaman hutan-hutan yang susah dijangkau oleh manusia. Burung ini biasanya berkumpul dalam kelompok kecil 4-5 ekor, tetapi lumayan ribut. Sedangkan dalam berkembang-biak, burung ini suka bersarang di lubang-lubang pohon tinggi, sehingga sarang burung ini sulit ditemukan di hutan.

Sekilas burung Jalak Putih ini mirip dengan Jalak Bali. Bedanya, bagian di sekitar mata Jalak Putih berwarna kuning, sementara pada Jalak Bali bagian ini berwarna biru.

Jalak Putih berukuran sedang, sekitar 20-25 cm, dengan paruh yang kuat, tajam dan lurus. Antara jantan dan betina sangat susah dibedakan, hanya bila diperhatikan dengan seksama, maka terdapat perbedaan pada burung jantan ukuran kepala lebih besar serta volume suara lebih keras dan lebih rajin berkicau, sedangkan betina memiliki ukuran kepala lebih kecil, volume suara lebih kecil, kebanyakan kurang rajin berkicau.(db)

Continue Reading

Kesehatan

Kopi Bisa Cegah Kematian Dini

Published

on

Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa minum kopi mungkin bisa menghindarkan kita dari cepat meninggal.

Hasil penelitian para peneliti Harvard T.H. Chan School of Public Health yang dipublikasikan di jurnalCirculation, mendapati bahwa orang yang meminum kopi antara tiga sampai lima cangkir sehari mungkin bisa mencegah kematian akibat penyakit tertentu.

Bahkan kopi decaf mencegah kematian akibat penyakit jantung, syaraf, diabetes tipe 2, dan bunuh diri, menurut para peneliti.

“Senyawa bioaktif di kopi mengurangi resistensi insulin dan peradangan sistematis,” kata penulis peneliti Ming Ding, siswa doktoral di Fakultas Nutrisi. “Ini mungkin bisa menjelaskan hasil penelitian kami. Namun dibutuhkan penelitian tambahan untuk meneliti mekanisme biologis yang memproduksi efek-efek ini.”

Penelitian yang melibatkan sekitar 200.000 subyek penelitian menyertakan data dari tiga penelitian yang sedang berlangsung. Mereka mengisi kuesioner tentang kebiasaan minum kopi setiap empat tahun sekali selama 30 tahun.

Para ilmuwan mengatakan selama penelitian, 19.524 perempuan dan 12.432 pria meninggal “karena berbagai sebab.”

Mereka mendapati meminum kopi dalam jumlah yang wajar “dikaitkan dengan menurunnya risiko kematian akibat penyakit jantung, diabetes, penyakit syaraf seperti Parkinson’s, dan bunuh diri.”

Tidak ditemukan kaitan antara meminum kopi dan kanker.

Para ilmuwan juga meneliti kebiasaan lainnya seperti merokok, kegemukan, tingkat keaktifan, konsumsi alkohol dan pola makan.

“Penelitian ini memberikan bukti tambahan bahwa konsumsi kopi yang sewajarnya baik bagi kesehatan yaitu bisa mengurangi kematian akibat berbagai penyakit,” kata peneliti senior Frank Hu, professor nutrisi dan epidemiologi.

“Data ini sesuai dengan laporan tentang petunjuk pola makan 2015 atau Dietary Guidelines Advisory Report yang menyimpulkan bahwa ‘konsumsi kopi yang sewajarnya bisa disertakan pada pola makan sehat.’” [dw]

Continue Reading

Internasional

Kampanye Pilpres Soroti Pengungsi Suriah

Published

on

Kebijakan Presiden AS Barack Obama tetap menerima sekitar 10 ribu pengungsi Suriah kini mendominasi kampanye pilpres 2016. Sejumlah bakal capres kini menolak pengungsi Suriah, dengan dalih mencegah penyusupan ISIS pasca serangan teroris di Paris.

Continue Reading

Berita Terpopuler